English English Indonesian Indonesian
oleh

Setelah Gantarang, Giliran Guru-guru SD Kindang Dilatih Literasi Numerasi 

FAJAR, BULUKUMBA —  Pemerintah Kabupaten Bulukumba terus berupaya melakukan perbaikan pada pendidikan, salah satunya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) pada guru Sekolah Dasar (SD) yang merupakan pondasi pendidikan.

Kegiatan peningkatan SDM tersebut telah berlangsung di Kecamatan Gantarang, 14 hingga 25 Februari 2022 lalu, atas kerjasama dengan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Almeera Education.

Kini giliran Kecamatan Kindang yang telah dibuka, Selasa, 22 Maret 2022 oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), Bapak Muhammad Amral di SDN 234 Mattorowalie, Desa Balibo Kec.Kindang.

Direktur Almeera Education, Dr. Andi Mulawakkan Firdaus mengatakan, kegiatan ini merupakan program nasional, dalam upaya meningkatkan SDM para guru.

Di Kindang, kata pria yang merupakan Asesor Badan Akreditas Nasional Sekolah atau Madrasah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) itu, diikuti 50 guru SD, yang akan dilatih untuk menciptakan media pembelajaran literasi numerasi.

Nantinya kata, Mulawakkan harus memiliki 4 prinsip, yakni menyenangkan, bermakna, teritegrasi dengan rutinitas keluaraga, serta media yang diperoleh didapatkan sekitar lingkungan.

“Kita melatih para guru SD untuk meningkatkan SDM kreativitasnya, agar dalam pembelajaran siswa lebih cepat mengerti dengan menggunakan media pembelajaran berbasis literasi numerasi,” kata doktor Matematika itu.

Kegiatan ini kata Mulawakkan nanti akan menyasar seluruh guru. Hanya saja untuk sementara untuk guru SD.

“Guru SD untuk sementara, itu karena mereka adalah pondasi pendidikan di Indonesia. Jika pondasinya kuat, SMP dan SMA akan lancar,” kata Mulawakkan.

News Feed