English English Indonesian Indonesian
oleh

Ibu-ibu Dilatih Bikin Makanan Pendamping ASI

MAKASSAR, FAJAR–Para ibu dan dan calon ibu diberikan pelatihan untuk pencegahan dan penurunan angka stunting.

Pelatihan itu bekerja sama dengan Jenewa Institut, Yayasan Hadji Kalla (YHK) di Kelurahan Maccini Parang, Kota Makassar. Sebanyak lebih 32 orang peserta hadir terdiri atas petugas puskesmas, kader posyandu, remaja putri dan ibu hamil dari wilayah Kelurahan Maccini Parang.

Program penanganan masalah stunting ini telah dijalankan oleh Yayasan Hadji Kalla sejak tiga tahun terakhir. Stunting merupakan masalah kekurangan gizi kronis, disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu yang cukup lama akibat pemberian makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi, sehingga tubuh anak lebih kerdil (pendek) dari usianya.

Menurut hasil survei awal dari tim Jenewa Institut, angka kasus stunting di kelurahan tersebut cukup tinggi yakni ada di angka 15%.

Pelatihan pencegahan stunting melalui pembuatan Makanan Pendamping ASI (MPASI) berbahan baku lokal merupakan salah satu cara menanggulangi masalah stunting di lokasi ini.

Pelatihan tersebut dihadiri oleh Lurang Kelurahan Maccini Parang; Sukri Abbas, Surahmansah Said selaku Direktur Eksekutif dari Jenewa Institute yang merupakan mitra dari Yayasan Hadji Kalla yang telah melakukan riset untuk memetakan kondisi stunting dan kiat pencegahannya di Kelurahan Maccini Parang.

Ada pula Prof. dr. Veni Hadju, MSC., PhD, Guru Besar Ilmu Gizi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat, Unhas sebagai pemateri dalam pelatihan. Officer Bidang Humanity dan Environment, Muh. Jumadi sebagai wakil dari Yayasan Hadji Kalla juga turut hadir dalam pelatihan tersebut.

News Feed