English English Indonesian Indonesian
oleh

Jangan Lewatkan! Amalan Hari Jumat yang Dianjurkan Rasulullah, Banyak Manfaatnya

Amalan hari Jumat memiliki keutamaan tersendiri. Keistimewaan hari Jumat disebutkan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Abu Hurairah ra. Rasulullah SAW bersabda:

  1. Membersihkan Diri

Mandi Jumat dianjurkan bagi laki-laki yang hendak mengikuti ibadah salat Jumat. Hadis riwayat Bukhari, Rasulullah SAW bersabda:

“Barang siapa yang mandi pada hari Jumat, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi di antara dua orang untuk dilewatinya, kemudian salat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jumat”. (HR. Bukhari)

Berdasarkan hadis tersebut, maka kita dianjurkan untuk membersihkan diri dengan mandi sunah ketika ingin melakukan salat Jumat. Selain itu, dianjurkan pula untuk memakai minyak wangi, membersihkan kuku, dan memotong rambut.

Dalam sebuah hadits riwayat Baihaqi dan At-Thabrani, Rasulullah SAW selalu bersiwak, memotong kuku, dan mencukur kumis setiap hari Jumat, tepatnya sebelum beliau berangkat ke masjid.

كان يقلم أظافره ويقص شاربه يوم الجمعة قبل أن يخرج إلى الصلاة

Artinya: “Adalah Rasulullah SAW memotong kuku dan mencukur kumis pada hari Jumat sebelum beliau pergi salat jumat.” (HR Baihaqi dan At-Thabrani)

  1. Perbanyak Salawat kepada Nabi Muhammad saw

Dalam beberapa riwayat menyebutkan bahwa salawat adalah penolong baik di dunia maupun di akhirat. Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadis:

أكثروا الصلاة علي ليلة الجمعة ويم الجمعة فمن صلى علي صلاة صلى الله عليه بها عشرا ـ رواه البيهقي بإسناد جيد

Artinya: “Perbanyaklah salawat kepadaku pada malam Jumat dan hari Jumat, barangsiapa yang bersalawat kepadaku satu kali maka Allah akan bersalawat kepadanya 10 kali,” (HR Baihaqi).

News Feed