English English Indonesian Indonesian
oleh

Bumikan Minat Baca Al-Qur’an Lewat MTQ

FAJAR, LUTIM — Kabupaten Luwu Timur (Lutim) bertekad menjadi daerah yang menjunjung tinggi nilai keagamaan. Di antaranya membumikan Al-Qur’an melalui ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ).

MTQ begitu penting di Luwu. Setidaknya menjadi benteng bagi generasi muda di tengah keterbukaan era informasi yang kerap berpotensi membawa pemuda ke arah negatif. MTQ hadir sebagai benteng. Kabupaten Luwu Timur, 2022 menjadi tahun pelaksanaan MTQ ke-9, yang akan dan sedang berlangsung di Kecamatan Wotu, sejak Rabu 9 Maret dan berakhir Selasa, 15 Maret.

Pnyelenggaraan MTQ di Lutim sendiri baru dimulai di 2006 dan berpusat di Kecamatan Wasuponda. Kemudian bergulir ke 8 kecamatan lainnya hingga di tahun ini dilaksanakan di Wotu. Lutim mencatat sejarah baru MTQ setelah menyabet juara umum di tingkat Provinsi selama dua kali berturut-turut, yaitu pada 2018 dan selanjutnya di 2020.

“Kita ini Lutim sudah dua kali juara di tingkat provinsi. Karena kan dilaksanakan dua tahun sekali. Semoga saja tahun ini Lutim lagi yang juara,” harap Ketua Harian LPTQ Lutim, M Siddiq BM, ditemui di Kecamatan Tomoni, Luwu Timur, saat ditemui FAJAR.

Selain prestasi, Siddiq berharap lewat MTQ, nilai-nilai Islam tetap tertanam di hati para pemuda. (put/rdi)

News Feed