English English Indonesian Indonesian
oleh

BKPSDM Makassar Masih Akomodasi 800 Honorer

MAKASSAR, FAJAR – Kepegawaian dan Informasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Makassar berjanji bakal mengakomodasi 800 tenaga honorer yang dipangkas dalam pengumuman seleksi Laskar Pelangi, belum lama ini.

Kepala Bidang Kepegawaian dan Informasi BKPSDM Makassar, Muh Ilham Rasul mengatakan, pengumuman penerimaan Laskar Pelangi belum sepenuhnya selesai. Masih ada tahap dua untuk mengumumkan 800 tenaga honorer yang masih menanti nasib mereka.

Meski dirinya juga tak bisa memastikan jika memang berdasarkan laporan Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) terkait ada yang memang tidak layak diluluskan. “Kan kita masih bisa tambah kuota, jadi insyaallah 800 ini bisa kita akomodir, sementara kita koordinasikan. Tetapi tetap kita perhatikan seperti ada yang indisipliner atau malas-malasan. Kan kita juga berdasarkan laporan SKPD sehingga menjadi pertimbangan,” ungkapnya.

BKPSDM sendiri memang, masih butuh tenaga honorer tambahan. Secara rinci, total kebutuhan pegawai berkisar 20 ribu, sedangkan jumlah ASN saat ini hanya 10 ribu orang. Sementara sisanya mengikuti seleksi ulang Laskar Pelangi ditambah 2.800 sehingga totalnya 12.800 honorer.

Apalagi 4.000 di antaranya merupakan tenaga operasional dan sisanya tenaga administrasi sehingga BKPSDM memperkirakan masih membutuhkan tenaga honorer ini dengan tetap melihat keuangan daerah. Selebihnya, ujar dia, 12 ribu ini sudah tidak ada masalah lagi. Sisa 800 tenaga honorer ini yang diumumkan pada tahap dua nanti.

Beberapa soal perihal kesalahan nama dan jabatan, ia membenarkan karena ada NIK yang dobel. “Memang ada trouble sistem, seperti dari Satpol-PP ke Dinas Pendidikan, nanti dikembalikan lagi,” ucapnya.

News Feed