English English Indonesian Indonesian
oleh

FK Unibos Dorong Dosen Percepat Mencapai Profesor

MAKASSAR, FAJAR–Setelah meraih akreditasi B, Fakultas (FK) Universitas Bosowa akan memperkuat pengajarnya yang bergelar profesor.
Saat ini ada 59 dosen di FK Unibos, tetapi untuk pengajar bergelar profesor, belum ada. 

Dekan Fakultas Kedokteran Unibos, dr. Marhaen Hardjo, M.Biomed mengatakan, ada dua prodi di FK, yakni prodi ilmu Kedokteran dan prodi Profesi Dokter. Keduanya rata-rata memiliki dosen bergelar S-3. Dosen S-3 inilah yang digenjot agar bisa menyelesaikan gelar profesornya dalam waktu dua tahun terakhir.

“Kami targetkan dalam waktu dua tahun ini sudah ada sekitar 10 dosen di FK Unibos yang memiliki gelar Profesor,” kata Marhaen.

Menurut Marhaen, salah satu faktor juga mengapa FK Unibos hanya meraih B, bukan A karena kualifikasi sumber daya manusianya. S-3 masih kurang dan pangkat akademik lektor kepala baru satu orang, sedangkan profesor belum ada.

“Jadi, kalau target ini tercapai dalam dua tahun, maka bukan akreditasi A lagi yang dicari, tetapi langsung akreditasi unggul,” kata Marhaen optimistis. 

Rektor Unibos, Prof Saleh Pallu mengatakan, beberapa prodi dalam waktu dua tahun ini berbenah. Semua prodi berstatus B akan diarahkan ke A, dan semua yang A akan di upayakan ke unggul.

“Sekarang di Unibos sudah dua yang unggul, prodi Perencanaan Wilayah dan Kota serta Agroteknologi,” kata Saleh Pallu. (wis)

News Feed