English English Indonesian Indonesian
oleh

Empat Manfaat Nanas bagi Kesehatan, Nomor Tiga Kurangi Risiko Terinfeksi Virus

FAJAR, JAKARTA — Nanas madu memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah dengan nama ilmiah Ananas Comosus itu mengandung sejumlah nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Kandungan vitaminnya mulai dari vitamin A, vitamin C, fosfor, kalium, kalsium, zat besi, magnesium, serat, thamin, natrium, serta sukrosa yang merupakan kandungan gula alami pada buah.

Dengan beragam kandungan nutrisi yang melimpah itu, tak heran jika nanas madu sangat baik bagi kesehatan jika Anda mengonsumsinya dengan tepat.

Berikut ini empat manfaat nanas madu bagi kesehatan tubuh, seperti dikutip laman Genpi.co

  1. Mencegah kanker

Kandungan vitamin C dalam nanas madu dapat melawan pembentukan sel radikal bebas dalam tubuh. Bukan cuma itu saja, kandungan beta karoten yang juga terdapat dalam nanas madu bisa menghambat perkembangan kanker usus.

Bahkan, kandungan bromelain yang terdapat pada buah ini juga bisa menekan perkembangan sel kanker payudara hingga kanker kulit.

  1. Menangkal gangguan pencernaan
    Kandungan bromelain pada nanas madu juga berguna mencegah gangguan pencernaan. Bromelain merupakan enzim pencernaan yang bisa memecah molekul protein agar makanan bisa dicerna secara sempurna.

Nanas madu juga memiliki kandungan air dan serat bermanfaat untuk mencegah sembelit serta meningkatkan kesehatan saluran pencernaan.

  1. Meningkatkan imun tubuh dan mengurangi risiko terinfeksi virus Kandungan vitamin, mineral, dan enzim seperti bromelain pada nanas madu dapat meningkatkan sistem imun tubuh, dan bagus untuk mengobati peradangan.

Sebuah penelitian yang dimuat pada Journal of Nutrition and Metabolism pada 2014 lalu menunjukkan, mengkonsumsi nanas madu bisa mengurangi risiko terinfeksi virus dan bakteri.

  1. Mencegah asma

Kandungan beta karoten pada nanas madu memiliki manfaat untuk mencegah asma. Beta karoten mudah Anda temukan pada buah dan sayuran berwarna oranye, kuning, dan hijau tua, seperti nanas madu, pepaya, brokoli, dan lain sebagainya.

Tak hanya beta karoten, kandungan bromelain pada buah ini juga bisa membantu mengurangi gejala asma. Itu tadi empat manfaat buah nanas madu bagi kesehatan tubuh yang sudah Fajar rangkum untuk Anda. (jpnn/fajar)

News Feed