English English Indonesian Indonesian
oleh

Prof Ojat Darojat: UT Siapkan 1.113 Mata Kuliah Digital bagi Dosen dan Mahasiswa PTN dan PTS

MAKASSAR, FAJAR–Universitas Terbuka (UT) telah menyiapkan 1.113 mata kuliah digital dan diberi secara terbuka kepada seluruh dosen dan mahasiswa PTN dan PTS di seluruh perguruan tinggi di Indonesia.
Di mana pun dan kapan pun bahan ajar pendidikan tinggi tersebut bisa diakses secara digital.

Demikian ditegaskan Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus, Ph.D, kepada media, Sabtu 26 Februari 2022.

Dijelaskan, kebijakan itu sesuai arahan dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Pendidikan Tinggi agar seluruh bahan ajar digital itu tidak hanya diakses mahasiswa sendiri, tetapi juga bisa diakses oleh dosen dan mahasiswa dari PTN maupun PTS di seluruh Indonesia.

UT membuka akses isi ribuan mata kuliah berbasis digital itu bantuan kampus PTN ke-45 ini kepada perguruan tinggi lainnya untuk dapat melaksanakan PJJ secara lebih efektif, tegas President Asian Association of Open University (AAOU) Asosiasi Pendidikan Jarak Jauh seAsia 2020-2022.

Saat ini ada dua langkah strategis yang akan direalisasikan. Pertama, UT harus naik kelas dari PTN PK-BLU atau Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum menjadi PTNBH atau Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum, ungkap Perwakilan Asia untuk Quality Assurance Program – International Council for Open and Distance Education (Asosiasi Pendidikan Tinggi Jarak Jauh sedunia) 2017-2020.

UT juga ditunjuk oleh kementerian untuk membantu perguruan tinggi lain ketika mendapatkan kesulitan saat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Sebagai institusi rujukan, UT menjalin kerja sama dengan banyak perguruan tinggi baik perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS), kata Doktor dari Simon Fraser University (SFU) Canada 2013 ini.

News Feed