English English Indonesian Indonesian
oleh

Gelombang III Covid-19 Berakhir Maret Ini, namun Ada Syaratnya…

FAJAR, MAKASSAR – Gelombang ketiga Covid-19 di Makassar diharapkan berakhir Maret ini. Hal itu ditandai dengan kasus aktif yang mulai turun hingga akhir Februari.

Data Dinas Kesehatan (Diskes) Makassar per 27 Februari empat hari terakhir tercatat jumlah kasus aktif 6.758. Angka itu turun jika dibandingkan dengan sebelumnya, 26 Februari yang mencatat 7.358 kasus, dan 7.745 pada 25 Februari dan 8.086 pada 24 Februari.

Guru Besar Kedokteran Universitas Hasanuddin Prof Idrus Paturusi mengatakan meski masih ada ribuan kasus, dari segi epidemiologi merupakan pertanda mulai menurunnya angka Covid-19.

“Makanya ada yang bilang kapan sampai puncaknya. Artinya kalau sudah menurun, maka itu pertanda bagus,” kata Idrus, dilansir koran FAJAR, Selasa, 1 Maret 2022.

Penurunan itu merupakan indikator baik, dan akan ada terus penurunan kasus apalagi tampak melandai. Ia juga berharap Maret ini, gelombang ketiga itu berakhir.

Pun dari pengamatannya sendiri, pihak kementerian sudah mau mengubah pandemi menjadi endemi.

“Jadi endemi itu seperti influenza atau flu biasa. Juga bukan lagi harus dua kali negatif baru dianggap sembuh. Saat ini, juga PeduliLindugi jika tidak ada gejala, maka dilihat dari indikator warnanya. Jika merah, masih dan hijau, sembuh. Sehingga tidak ada lagi PCR,” jelasnya.

Meski begitu, dia terus mengimbau agar prokes, vaksinasi, hingga booster diterapkan.

“Jadi kita tidak gegabah juga. Tetap ikuti prokes. Angka ribuan itu tentu besar, tetapi karena sudah sampai di puncak, lalu turun, maka itu pertanda ada penurunan,” sambungnya.

News Feed