English English Indonesian Indonesian
oleh

Tahapan Pemilu Jalan Juni, KPU Tunggu PKPU

MAKASSAR, FAJAR-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar siap menghadapi Pemilu 2024. Tahapan diperkirakan dimulai Juni. Komisioner KPU, Endang Sari, saat ini KPU menunggu tahapan resmi. Belum ada tahapan untuk pemilu. Hanya waktu pelaksanaan pemilu yang telah ditetapkan, Rabu, 14 Februari 2024.

“Tahapan untuk pemilu minimal akan dimulai di bulan Juni tahun ini, minimal 20 bulan sebelum hari pemilu, ini jelas diatur dalam UU No. 7 Tahun 2017. Keputusan dari Pemerintah bersama legislatif KPU RI dan Bawaslu RI bahwa tanggal 14 Februari 2024 menjadi waktu pelaksanaan pemilu,” ucap alumnus FISI Unhas itu.

Lanjut Endang Sari, tahapan pertama yang akan dibahas Juni mendatang, mulai dari praperencanaan.

“Banyak yang mesti direncanakan terlebih dahulu, misal perencanaan anggaran yang akan digunakan seberapa banyak, dan hal teknis lainnya tentu akan dibahas perencanaannya terlebih dahulu,” jelasnya.

Sementara Komisioner KPU Sulsel, Asram Jaya mengatakan, saat ini sementara menjalin koordinasi dengan KPU RI. Untuk tahapan pemilu belum ada, menunggu PKPU. “Sering kami koordinasi dengan KPU RI, karena setiap bulannya kami melakukan evaluasi, baik itu persoalan administrasi maupun perencanaan pengorganisasian,” paparnya.

Lanjut Asram Jaya, setiap bulannya KPU Sulsel melakukan pemutakhiran data pemilih. “Selain data-data dari kabupaten/kota yang kami terima, kami juga melakukan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan. Baru-baru ini data pemilih di bulan Januari kami revisi,” bebernya. (bib/ham)

News Feed