English English Indonesian Indonesian
oleh

Langganan Banjir, Warga: Rumah Mau Dijual, Siapa Mau Beli?

MAKASSAR, FAJAR -Cuaca Ekstrem yang menerpa Kota Makassar tiga hari belakangan membuat beberapa wilayah di Kota Makassar kebanjiran. Kepala Seksi BPDB Sulsel Andi Wahid mengatakan, salah satu wilayah terendam banjir ialah BTN Kodam 3 Jalan Kotipa Raya Paccerakkang dan Blok X Antang, Manggala. Sebelumnya, kejadian yang sama juga terjadi di akhir bulan Desember silam.

Warga Blok X Manggala yang juga sebagai koordinator pengungsi, Hajrah, menyebutkan pada akhir bulan Desember kemarin, dirinya dua kali mengungsi dikarenakan banjir. Kali ini harus mengungsi lagi. “Akhir Desember dua kali, bulan satu sempat sekali. Ini mengungsi lagi,” ujarnya.

Ia mengaku meski lelah menghadapi lingkungan yang mudah banjir, dirinya tak bisa apa-apa. Bahkan ide untuk menjual rumah pun jauh dari pikiran.
“Mau pindah ke mana, ekonomi lagi tidak stabil, dijual juga pasti orang mau beli berpikir kalau langganan banjir,” ungkapnya.

Hal serupa juga disampaikan Warga BTN Kodam 3 Paccerakkang, Randy. Ia mengaku mulai menerima kebiasaan banjir di lingkungannya. “Kalau sudah hujan deras, sudah siap-siap pasti bakal banjir lagi” ungkapnya saat ditemui di lokasi banjir, Rabu, 23 Februari. Ia juga menyebutkan mengurungkan niatnya untuk pindah dan menjual rumahnya.
“Mau di jual siapa mau beli rumah kalau banjir begini,” jelasnya. (fni/ham)

News Feed