English English Indonesian Indonesian
oleh

Cak Imin Usul Pemilu 2024 Ditunda 2 Tahun, PKS Bilang Begini

FAJAR, MAKASSAR –Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengusulkan penundaan Pemilu 2024. Menurut Wakil Ketua DPR RI itu, Pemilu 2024 bisa ditunda satu atau dua tahun.

“Saya mengusulkan Pemilu 2024 ditunda satu atau dua tahun,” kata Cak Imin di Jakarta, Rabu (23/2/2022).

Dia menjelaskan alasan Pemilu 2024 lebih baik ditunda sementara. Menurutnya, proyek pemulihan ekonomi pasca-pandemi bisa jadi terganggu akibat pemilu.

Usulan itu dia sampaikan lantaran menurutnya selama ini pemilu kerap menimbulkan tiga masalah terhadap pergerakan ekonomi di Tanah Air. Pertama adalah pelaku ekonomi akan melakukan freeze atau pembekuan.

“Freeze atau pembekuan wait and see and stop agresivitas ekonomi saat pemilu” ucapnya.

Kedua adalah transisi kekuasaan dan pemerintahan itu biasanya mengakibatkan ketidakpastian ekonomi. “Sehingga mengganggu suasana momentum yang sangat bagus apalagi pasca G-20 ini,” urai pria yang akrab disapa Gus AMI ini.

Ketiga adalah dampak dari pemilu dikhawatirkan adanya ekspolitasi ancaman konflik. Menurutnya, hal inilah yang patut dikhawatirkan.

“Ditunda satu atau dua tahun agar momentum perbaikan ekonomi ini tidak hilang dan kemudian tidak terjadi freeze untuk mengganti stagnasi selama 2 tahun masa pandemi,” tuturnya.

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera memberikan respons terkait usulan Cak Imin yang ingin Pemilu 2024 ditunda hingga satu atau dua tahun.

Ia menyampaikan bahwa pihaknya akan konsisten berjuang mengikuti konstitusi. Pemilu harus diselenggarakan lima tahun sekali dan maksimal presiden hanya dua periode saja.

News Feed