English English Indonesian Indonesian
oleh

Pertanian Adalah “Kunci”

Oleh: Asep Yahya Mawali


Statistisi BPS Provinsi Sulawesi Selatan

Baru-baru ini, angka pertumbuhan ekonomi serentak dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) di 34 provinsi. Tak terkecuali BPS Provinsi Sulawesi Selatan yang merilis kinerja ekonomi Sulsel sepanjang tahun 2021.

BPS mencatat bahwa ekonomi Sulsel sepanjang tahun 2021 tumbuh sebesar 4,65 persen. Capaian yang cukup impresif ditengah pandemi yang masih melanda dunia hingga saat ini. Catatan pertumbuhan tersebut juga berada di atas pertumbuhan nasional (3,69 persen), dan tertinggi ke-7 di antara 34 provinsi.

Saat pandemi melanda di tahun 2020, ekonomi Sulsel jatuh terperosok sejak kuartal kedua tahun 2020 hingga kuartal pertama tahun 2021. Sinyal perbaikan akhirnya datang pada kuartal kedua tahun 2021, dimana Sulsel tumbuh di atas 7 persen. Dan pada kuartal terakhir Sulsel mampu tumbuh 7,89 persen (year on year), yang merupakan pertumbuhan triwulanan tertinggi setidaknya dalam empat tahun terakhir.

Kunci Ekonomi Sulsel


Seluruh sektor lapangan usaha tumbuh positif di tahun 2021, kecuali pertambangan dan penggalian. Sektor listrik dan gas tercatat menjadi lapangan usaha dengan pertumbuhan tertinggi di Sulsel (10,87 persen). Disusul dengan sektor jasa kesehatan dan jasa Lainnya, di mana masing-masing tumbuh 7,77 dan 7,56 persen.

Meski pertumbuhannya berada di bawah tiga sektor yang disebutkan, membaiknya ekonomi Sulsel saat ini tak lepas dari kinerja sektor pertanian yang tumbuh baik hingga 6,40 persen. Dengan kontribusi ekonomi sebesar 22,55 persen, menjadikan pertanian sebagai sumber pertumbuhan utama Sulsel sepanjang tahun 2021 di antara 17 kategori lapangan usaha dalam penghitungan PDRB (Produk Domestik Regional Bruto).

News Feed