English English Indonesian Indonesian
oleh

Kematian Mendadak di Usia Muda: Kenapa?

Oleh: dr. Bambang Budiono, Sp.JP. FIHA, FSCAI

Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah

FAJAR, MAKASSAR – Kematian seseorang yang kita cintai akan menimbulkan duka, apalagi ketika terjadi pada seseorang masih berusia muda dan diketahui tak memiliki penyakit sebelumnya.

Baru baru ini kita dikejutkan berita meninggalnya putri mantan artis kenamaan yang masih berusia 28 tahun. Almarhumah ditemukan dalam keadaan meninggal dunia di meja makan menjelang subuh. Kematian mendadak sering dikaitkan dengan serangan jantung. Tetapi, tanpa otopsi klinis tentu penyebab kematian tak bisa dipastikan.

Kematian mendadak didefinisikan sebagai kematian tidak terduga, terjadi pada seseorang yang sehari hari terlihat sehat. Pada orang tua dan dewasa, kejadian kematian mendadak sangat sering, namun jarang terjadi pada kelompok usia antara 18 dan 35 tahun. Kematian mendadak pada usia muda seringkali disebabkan kelainan jantung yang tak terdeteksi atau terabaikan, sering terjadi selama aktivitas fisik, seperti berolahraga dan lebih sering terjadi pada pria daripada wanita.

Penyebab kematian mendadak pada orang muda bervariasi. Paling sering, kematian disebabkan kelainan irama jantung. Henti jantung adalah penyebab utama kematian pada atlet muda, tetapi insidennya tidak jelas. Diperkirakan satu dari setiap 50.000 kematian jantung mendadak setahun terjadi pada atlet muda.

Beberapa penyebab spesifik kematian mendadak pada orang muda meliputi: Penyakit jantung koroner bisa terjadi pada usia muda, terutama jika memiliki banyak faktor risiko, seperti diabetes melitus, merokok, hipertensi dan kadar kolesterol tinggi, yang bisa menyebabkan terjadinya penyakit jantung koroner prematur.  

News Feed