English English Indonesian Indonesian
oleh

DLH Wujudkan Pangkep Bersih

FAJAR, PANGKEP — Peran aktif pengelolaan sampah terus diwujudkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pangkep. Tujuannya, untuk mewujudkan Pangkep bersih.

Kepala DLH Pangkep, Muhammad Thamrin mengatakan, pentingnya mewujudkan lingkungan yang bersih melalui pengelolaan sampah yang efektif. Ini juga sebagai upaya mengatasi dan mencegah dampak perubahan iklim secara luas.

Olehnya itu, Thamrin yang baru saja dilantik sebagai kadis itu menjadikan langkah pertama kegiatannya dengan bergerak memperkuat struktur organisasinya, agar seluruh staf yang ada di lingkup pemerintahannya bisa menjadi pionir untuk masyarakat dalam upaya pengelolaan sampah.

“Yang pertama kita lakukan mulai dari lingkungan sekitar. Dimana, staf dan seluruh pihak yang ada disni bisa bersinergi dalam upaya pengelolaan dan pembersihan sampah,” jelas mantan Camat Bungoro ini.

Lebih lanjut, dikatakan bahwa kebersihan juga merupakan program pemerintah dan sebagai ASN  maka dikatakan, pihak pertama yang harus mendukung yaitu ASN itu sendiri.

“Kita sebagai ASN, oleh karena itu ASN lah yang harus menjadi contoh. Kantor dan Rumahnya yang pertama harus bersih,” ucapnya.

Sebagai bentuk perhatian penuh terhadap tugas pokoknya di DLH, ia terjun langsung memantau pengakutan sampah dari TPS ke TPA, serta melakukan pembersihan sampah di Sungai Pangkajene.

“Pembersihan di sungai langsung kami lakukan apalagi pasca banjir. Sampah itu tersangkut di tiang?tiang jembatan,” ujarnya.

Selain itu, wujud pengelolaan sampah untuk menjadikan Pangkep Bersih sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia yang tertuang dalam surat edaran tentang Hari Peduli Sampah Nasional 2022.

News Feed