English English Indonesian Indonesian
oleh

Imlek, Budaya, dan Toleransi Indonesia

Setiap tahun dalam kalender lunar diwakili oleh salah satu 12 hewan yang menurut legenda China, orang yang lahir di setiap tahun hewan memiliki beberapa ciri kepribadian dari hewan tersebut. Menurut perhitungan kalender China, Tahun Baru Imlek 2022 (2573 Kongzili) merupakan Tahun Macan Air yang berkaitan dengan kemakmuran dan kesehatan, di mana makna “Air” di tahun ini memiliki arti kepekaan, kreativitas dan keterbukaan terhadap perubahan.

Harimau/Macan juga dikenal sebagai raja dari semua binatang di China yang dikaitkan dengan kekuatan, mengusir kejahatan dan keberanian.

Dengan dicanangkannya tahun 2022 sebagai tahun toleransi oleh Pemerintah melalui pernyataan Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas, maka perayaan Imlek 2573 menjadi Imlek pertama yang dirayakan di Tahun Toleransi ini.

Saya berharap di Tahun Macan Air ini kita semua bertumbuh dalam keterbukaan dan kepekaan untuk lebih saling menghargai perbedaan dalam keragaman dan menjadikan perbedaan tersebut sebagai warna-warni pelangi yang indah di bumi Nusantara. NKRI, UUD’45, Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika akan selalu menjadi harga mati bagi kita semua. (*)

News Feed