English English Indonesian Indonesian
oleh

Bisnis ala Warung Kopi

Segmentasi pasar dapat dimaksudkan sebagai pembagian pasar yang berbeda-beda (heterogen) menjadi kelompok-kelompok pasar yang homogen, di mana setiap kelompoknya bisa ditargetkan untuk kita memasarkan suatu produk sesuai dengan kebutuhan, keinginan, ataupun karakteristik yang dituju.

Karena pembelian atau transaksi mempunyai kebutuhan dan keinginan yang unik. Setiap pembeli, berpotensi menjadi pasar yang terpisah. Oleh karena itu segmentasi pasar dapat dibangun pada beberapa tingkat yang berbeda.Salah satunya adalah pemasaran massal.

Tepatlah bisnis ala warung kopi dapat dilakukan untuk pekerjaan pemasaran massal namun berbiaya pemasaran yang rendah sehingga efektivitas dan efisien tetap dilakukan. Lebih santai, lebih nonformal namun memiliki nilai prospek profit yang tinggi. Perhitungan paling sederhananya profit dihitung berdasarkan hasil pendapatan dikurangi biaya-biaya.

Sejalan dengan bisnis ala warung kopi ini, bagaimana mengumpulkan komunitas pertemanan yang saling berkumpul dan bisa menciptakan bisnis,  Robert  Kiyosaki, seorang investor, usahawan, penulis, dan motivator yang terkenal dengan bukunya  Rich Dad, Poor Dad, mengatakan bahwa penghasilan seseorang ditentukan lima orang terdekatnya.

Jika orang-orang di dekat kita hanya biasa-biasa saja, maka sulit bagi kita untuk melakukan sesuatu yang luar biasa. Namun kalau kita biasa, tetapi di sekeliling kita luar biasa, maka kita akan terpacu untuk menjadi luar biasa. Korelasinya adalah di dalam otak manusia ada sekumpulan sel syaraf yang disebut Mirror Neuron, bertugas meniru apa yang dilakukan oleh orang lain.

News Feed