English English Indonesian Indonesian
oleh

Ikut Panaskan Muswil Aptisi, Rektor Unifa Tantang Rektor UMI

MAKASSAR, FAJAR–Demokrasi berjalan cair di kampus swasta. Posisi Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swaswa Indonesia (Aptisi) Wilayah IX Sulawesi bakal jadi rebutan.

Dua rektor telah menyatakan diri maju pada Musyawarah Wilayah (Muswil) VI Aptisi IX Sulawesi. Muswil akan digelar di Makassar, Minggu, 30 Januari.

Dua figur yang telah menegaskan diri maju, masing-masing Rektor Universitas Fajar (Unifa) Muliyadi Hamid dan Rektor Universitas Muslim Indonesia (UMI) Prof Basri Modding.

Rektor Unifa Muliyadi Hamid mengatakan, pihak sangat yakin dapat memenangkan persaingan merebut Ketua Aptisi Wilayah IX. Dukungan pimpinan perguruan tinggi swasta (PTS) terus mengalir.

Dia menjanjikan Aptisi akan menjadi wadah PTS untuk peningkatan kualitas. Sejumlah program telah dia siapkan untuk membantu PTS mempercepat akreditasi dan pemerataan program.

“Selama ini hanya sekitar 30 persen dari 200 lebih PTS yang aktif di Aptisi. Saya berusaha untuk ubah itu, namun tidak bisa jika tidak menjadi ketua,” kata Muliyadi dilansir Koran FAJAR terbitan Kamis, 27 Januari 2022.

Ke depan, jika terpilih, salah satu program unggulan adalah pemerataan peran dan program agar semua PTS setara. Tidak ada yang mendominasi. Selanjutnya, semua PTS mesti punya bargaining di mata pemerintah.

“Semua PTS akan kami rangkul untuk sama-sama berperan dalam untuk membantu pemerintah. Jangan ada yang dideskriditkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Rektor UMI Prof Basri Modding mengaku telah mendapat dorongan dari beberapa pihak. Atas permintaan itu, dia menyatakan maju pada Muswil nanti.

News Feed