English English Indonesian Indonesian
oleh

Kudeta ala Monyet Jepang

JEPANG,FAJAR–Monyet betina sukses menjadi Ratu Monyet pertama di Jepang. Ia dengan kejam menggulingkan jantan alfa dari pasukannya.

Yakei, nama monyet betina Jepang dan pemimpin betina alfa dari pasukan 677 monyet di Taman Zoologi Alam Takasakiyama, Oita, Jepang selatan. Pada tahun 2021, The Reserve melaporkan bahwa Yakei yang berusia sembilan tahun telah mengambil posisi teratas pasukan setelah melawan ibunya sendiri dan mengalahkan tiga pejantan berpangkat tinggi.

Sekarang, para ahli mengantisipasi bahwa Yakei bisa kehilangan posisi teratas selama musim kawin saat ini, yang berlangsung dari November hingga Maret. Ada hierarki sosial yang kuat dalam kelompok monyet Jepang, dengan banyak manfaat bagi anggota berpangkat lebih tinggi, seperti akses pertama ke makanan.

Kebun Zoologi Alam Takasakiyama didirikan sebagai cagar alam untuk monyet pada tahun 1952, tetapi belum pernah sebelumnya pada tahun 2021, taman ini memiliki betina yang memimpin populasi monyet dalam 70 tahun sejarahnya.

Takasakiyama memiliki dua pasukan monyet yang terdiri dari sekitar 1.500 makhluk secara total. Yakei adalah pemimpin dari apa yang disebut staf ‘pasukan B’. April lalu, Yakei memukuli ibunya sendiri, Nanchu, 31, untuk menjadi wanita peringkat teratas pasukan B.

Tapi seolah itu tidak cukup, dalam usahanya untuk mendominasi, dia dengan kasar menggulingkan Sanchu, laki-laki alfa berusia 31 tahun yang telah menjadi pemimpin pasukan B selama lima tahun, pada bulan Juni.

Pengambilalihan secara bermusuhan oleh seekor betina sangat jarang terjadi di masyarakat kera Jepang, menurut Yu Kaigaishi, seorang peneliti di Japan Society for the Promotion of Science. (bs/dni)

News Feed