English English Indonesian Indonesian
oleh

Pemda Tak Sikapi Serius Rekening Kosong Penerima Bansos

FAJAR,PINRANG — Kasus rekening kosong penerima bansos harus disikapi serius. Pemda berjanji untuk membantu agar kasus tidak berlarut. 

Bupati Pinrang, Andi Irwan Hamid mengaku telah mendengar sekilas tentang adanya masyarakat penerima bantuan yang mendapatkan kartu, tetapi setelah dicek rekeningnya kosong. 

Ia menegaskan pada dasarnya bansos disalurkan oleh Kemesos dan Bank Mandiri. Pemda memantau dan koordinasi agar tak ada masalah serius yang terjadi seperti  rekening kosong hingga salah sasaran penerima manfaat bansos. 

“Kami tentu atensi laporan rekening kosong. Kami akan panggil pihak terkait untuk memperjelas keluhan-keluhan dari masyarakat agar dapat segera diselesaikan,” paparnya. 

Irwan berharap agar pihak Kemensos dan Bank Mandiri juga segera memberikan penjelasan terkait beberapa masalah yang terjadi agar tidak merugikan masyarakat. 

Kepala Dinsos Pinrang, Rusli menyampaikan Pihaknya mengaku sampai saat ini belum mengetahui secara pasti berapa jumlah saldo kosong. 

“Belum bisa diketahui,” singkatnya. 

Namun di sisi lain pihaknya mengaku telah berkordinasi ke Ditjen Penanganan Fakir Miskin Kemendos. 

“Petunjuk Kemensos, mengarahkan kepada kami untuk melakukan inventarisasi kartu bersaldo nol dengan berkordinasi dengan Bank Mandiri untuk dilaporkan secara berkala dengan pusat,” paparnya. 

Sebelumnya, Kepala Kantor Cabang Bank Mandiri Pinrang, Zainal Arifin menyampaikan bahwa memang ada masyarakat penerima BNPT yang datang mengadu setelah sebelumnya mereka melapor di Dinsos. Setiba di Dinsos, masyarakat justru diarahkan ke Bank Mandiri. 

News Feed