English English Indonesian Indonesian
oleh

Bupati Basmin Siapkan Gasing di Pekan Budaya

 

*Meriahkan Hari Jadi Kota Belopa, Hari Jadi Luwu dan HPL

FAJAR, BELOPA—Peringatan Hari Jadi Kota Belopa ke-16 yang dirangkaian Hari Jadi Luwu ke-754 dan Hari Pelawanan rakyat Luwu ke-76 berpusat di Kabupaten Luwu, Minggu 23 Januari.  Kegiatan bersejarah ini dirangkaikan dengan pekan budaya selama empat hari dan dipusatkan di Baruga Arung Senga.

Salah satu agenda pekan budaya pada hari Jadi Kota Belopa dirangkaikan Hari Jadi Luwu dan hari perlawanan rakyat Luwu adalah lomba gasing.

Bupati Luwu, Basmin Mattayang mengaku akan ikut dalam kegiatan tradisional gasing. “Saya sudah siapkan gasing yang akan saya gunakan  di pekan budaya nantinya,”kata Basmin kepada FAJAR di ruang kerjanya, Kamis 20 Januari. Bupati Luwu dua periode ini mengaku akan mengangkat budaya dan tradisi permainan tradisional lewat  gasing perlu diperkenalkan kepada masyarakat.

Kabid Layanan Komunikasi dan Informasi, Dinas Kominfo Luwu, Devi Satia  mengatakan,  kegiatan permainan tradisional akan ditampilkan pada pekan budaya Luwu. “Pekan budaya Luwu akan dilaunching pada peringatan Hari Jadi Kota Belopa, yang rangkaikan Hari Jadi Luwu dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu,”katanya. Kegiatan berjalan pasca peringatan tiga kegiatan bersejarah ini.(shd)

News Feed