English English Indonesian Indonesian
oleh

Yasarini Pusat Gelar Angkasa Mathematic and Science Olympiad 2021, Diikuti 10.464 Siswa

FAJAR, JAKARTA –- Yayasan Ardhya Garini (Yasarini) Pusat, menggelar Angkasa Mathematic and Science Olympiad (AMSO) yang ke-5 Tahun 2021 dengan  tema “Siswa Sekolah Angkasa: Berani Jujur Angkasa Unggul,” secara virtual dari kantor PIA Ardhya Garini Pusat, Jakarta, Selasa (11/1/2022).

Sebanyak 11 mata pelajaran yang dikompetisikan pada AMSO ke-5, di antaranya matematika dan IPA (SD/MI), matematika, IPA dan IPS (SMP/MTS), matematika, fisika, geografi, dan ekonomi (SMA) serta matematika dan ekonomi (SMK).

Pelaksanaan AMSO tahun ini, diselenggarakan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di mana seleksi dilakukan lebih ketat dengan tingkat kesulitan pengerjaan soal yang lebih tinggi.

Pada seleksi tahap pertama, AMSO diikuti 10.464 siswa, terdiri dari tingkat SD/MI kelas 4 dan 5, tingkat SMP/MTS kelas 7 dan 8, tingkat SMA kelas 10 dan 11 serta SMK kelas 10 dan 11.

Sedangkan seleksi tahap kedua diadakan di tingkat perwakilan dengan total peserta 4.910 siswa. Perwakilan Kodiklatau berjumlah 1.034 peserta, Koopsau I 2.627 peserta, Koopsau II 870 peserta, dan Koopsau III 379 peserta.

Untuk  babak grand final nantinya, seluruh peserta diuji kemampuan berpikir, nalar, dan logikanya, dengan mempresentasikan jawaban di hadapan Dewan Juri. Selain itu, prosentase soal HOTs AMSO 2021 juga lebih banyak.

AMSO merupakan ajang pengembangan kemampuan peserta didik Sekolah Angkasa dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan sains, sekaligus menumbuh kembangkan semangat berkompetisi dan sebagai tradisi untuk berprestasi di tingkat nasional.

News Feed