English English Indonesian Indonesian
oleh

Kisah Inspiratif Mushilda Solihin, Dahulu Tukang Endorse Sekarang Jadi Bos

Sukses tidak harus menunggu usia senja. Sukses juga tidak harus mengandalkan modal dan pengaruh orang tua. Itulah yang menjadi prinsip hidup Mushilda Solihin, perempuan muda 24 tahun.

WIDYAWAN SETIADI
Makassar

Pahit dan sakitnya merintis usaha sudah dirasakan. Cemoohan, diremehkan, sudah dia cicipi. Namun dia memegang satu keyakinan, fokus dan ulet akan membawa kesuksesan di masa mendatang.

Itulah yang dia petik saat ini. Di usia yang masih sangat muda, dia sudah memiliki 10 karyawan. Ini menjadi bukti kerja keras dan kerja cerdas menjadi bagian penting dalam menempuh jalan kesuksesan.

Perempuan kelahiran Soppeng, 14 September 2000 itu menjalani masa kecilnya dengan normal. Dia baru merasakan tanggung jawab untuk diri sendiri ketika menginjak bangku SMA.

Dia mengaku, pada 2017 lalu mulai kenal dengan aplikasi TikTok. Dia menggeluti hal itu dengan konten seadanya. Sampai akhirnya dia memberanikan diri membuka usaha jual beli online. Apa saja dijual selagi ada pesanan.

”Waktu masih sekolah saya main TikTok, tapi kan dianggap alay waktu itu. Saya tidak peduli, dan akhirnya saat itu saya jualan online, ambil gambar di internet baru posting. Nanti ada yang order baru saya pesankan, itu tahun 2017,” kata dia saat ditemui penulis, Rabu, 31 Juli 2024.

Hasil dari jualannya itu dikumpulkan, kemudian digunakan untuk membeli ponsel bekas. Itu dilakukan demi menunjang pekerjaannya sebagai reseller produk secara online. Namun tidak mudah, butuh waktu lama baginya untuk bisa mengumpulkan uang tersebut.

News Feed