English English Indonesian Indonesian
oleh

Kadisdik Sulsel Rental Mobil Dinas, Bukan Hadiah Pegawai 

FAJAR, MAKASSAR — Kendaraan dinas (randis) merupakan instrumen penunjang kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Belakangan ini, muncul kabar mengenai randis salah satu eselon II Pemprov Sulsel yang diduga merupakan hadiah dari pegawai.

Yakni, randis yang digunakan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sulsel, Iqbal Nadjamuddin. Kabar di sebuah laman media online, randis tersebut berasal dari pejabat Disdik yang mengelola Dana Alokasi Khusus (DAK).

Namun, Iqbal dengan tegas membantah tuduhan tersebut. Ia menganggap berita itu tidak berdasar dan bersumber dengan jelas. Ia mengaku, bahwa randis jenis Mitsubishi Pajero yang digunakannya merupakan rental dari anggaran Dinas Pendidikan Sulsel.

“Mobil Pajero yang saya pakai adalah mobil dinas untuk eselon II yang diadakan melalui rental kendaraan yang dianggarkan melalui DPA pada OPD masing-masing. Jadi tidak benar kabar di pemberitaan itu,” ujar Iqbal, Selasa, 30 Juli 2024.

Iqbal menerangkan bahwa rental randis tersebut sudah berdasarkan aturan yang ada di Pemprov Sulsel. Kata ia, bukan hanya di Disdik, tapi beberapa eselon II lainnya juga mendapatkan hak yang sama.

“Khusus Disdik, rentalnya baru tahun ini. Ada beberapa OPD juga yang tidak anggarkan sewa rental,” sebut Iqbal.

Pelaksana Harian Sekretaris Provinsi Sulsel, Andi Darmawan Bintang membenarkan hal tersebut. Wawan, sapaannya, menyebutkan, bahwa rental randis untuk eselon II di tiap OPD sudah sesuai aturan. 

“Ada aturannya. Itu sudah masuk di standar satuan harga menurut cc-nya, dan ada disebutkan paling tinggi apa untuk eselon II, jenisnya apa,” terang Wawan.

News Feed