English English Indonesian Indonesian
oleh

PKK Pattalassang-Puskesmas Paccelekang Tingkatkan Kunjungan Kelas Ibu Hamil Melalui Inovasi Selasih

FAJAR, GOWA — Kecamatan Pattallassang memberikan apresiasi dengan membagikan sertifikat kepada tiga ibu hamil yang berhasil mengikuti program Setifikat Lulus Kelas Ibu Hamil (Selasih). Program Selasih ini merupakan program terbaru yang dibentuk pada akhir tahun 2023 lalu.

Program yang diinisiasi oleh Puskesmas Pacellekang dan bekerja sama dengan TP PKK Kecamatan Pattallassang sebagai upaya meningkatkan kunjungan kelas ibu hamil.

Kepala Puskesmas Pattallassang, Gandi Iswanto ditemui di sela-sela kegiatan Supervisi, Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan Tingkat Kabupaten Gowa di Desa Panaikang, Kecamatan Pattallassang pada Rabu, 26 Juni 2024, mengatakan, jika calon orangtua tidak rutin menjalani kelas ibu hamil, maka akan berpotensi anak yang lahir mengalami stunting.

“Karena di kelas ibu hamil itu ternyata bukan hanya ibunya saja yang datang, tetapi harus ada suaminya juga, jadi di kelas ibu hamil ini dua orang ini punya peranan penting,” jelasnya.

Uniknya lagi, sertifikat yang diperoleh ibu hamil yang telah lulus menjadi salah satu syarat yang diwajibkan saat pembuatan akta kelahiran.

“Akhirnya kita wacanakan, dan akhirnya di bulan Desember kita sepakati bahwa surat lulus kelas ibu hamil ini menjadi salah satu prasyarat untuk mengurus rekomendasi akta kelahiran,” tuturnya.

Hal itu tentunya disetujui oleh kecamatan dengan adanya surat edaran Camat Pattallassang, sehingga berdasarkan itulah lahir Inovasi Selasih.

Untuk inovasi ini Puskesmas sudah bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Gowa untuk menerbitkan akta kelahiran.

News Feed