English English Indonesian Indonesian
oleh

Preview Cile vs Argentina: Bukan Lawan Ringan

FAJAR, NEW JERSEY,—Argentina sudah bisa mengunci tiket babak sistem gugur Copa America 2024 ketika menghadapi Cile di matchday kedua Grup A, besok pagi. Namun, mereka tidak boleh berpikir ini mudah.

Sejarah pertemuan kedua negara menunjukkan bagaimana sengitnya pertarungan mereka di lapangan. Skor-skor laga menunjukkan kedua negara benar-benar harus bertarung hingga menit akhir.

Argentina memang lebih superior dalam hal hasil akhir. Di tujuh pertemuan terakhir misalnya, mereka tidak terkalahkan. La Albiceleste dalam periode itu menang empat kali dan imbang di tiga pertandingan lainnya.

Namun, empat kemenangan Argentina semuanya hanya dengan selisih satu gol. Bahkan, jika diurut lebih panjang ke belakang, kemenangan dengan margin di atas satu gol hanya terjadi 2011 silam saat Argentina menang 4-1  di Kualifikasi Piala Dunia 2014.

Terlepas dari fakta itu, Pelatih Argentina, Lionel Scaloni memastikan kesiapan anak asuhnya untuk pertarungan berat lainnya di  Stadion MetLife di New Jersey, besok pagi.

“Tim ini menciptakan situasi mencetak gol dan bertahan seperti singa. Yang penting tim selalu merespons, tidak peduli seperti apa pertandingannya,” tegas Scaloni di situs AFA.

Yang dikhawatirkan Scaloni hanya kondisi lapangan. Saat mereka menang 2-0 atas Kanada di laga pembuka, kondisi Mercedes-Benz Stadium menurutnya sangat buruk.

“Itu tidak cocok untuk tipe pemain seperti ini. Kami harus bermain berbeda, lapangan tidak bagus untuk menerima dan menyaring umpan,” tegasnya.

Superstar Argentina, Lionel Messi sementara itu mengingatkan rekan setimnya bahwa mereka harus bisa mengontrol pertandingan. “Kebanyakan lawan bermain berbeda saat melawan kami, kami harus menjaga kendali,” ujar Messi.

News Feed