English English Indonesian Indonesian
oleh

Survei Pilwalkot Makassar: Pendatang Baru Ancam Figur Lama

FAJAR, MAKASSAR – ARCHY Research and Strategy telah merilis hasil survei terbaru mengenai calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar untuk pemilihan tahun 2024.

Sejumlah figur pendatang baru, seperti Adi Rasyid Ali, A Seto Asapa, dan Ahmad Susanto memiliki angka yang cukup signifikan. Ancaman besar bagi figur-figur lama.

Survei ini mengumpulkan data dari 1.692 responden yang tersebar di 15 kecamatan di Kota Makassar, dengan penyebaran proporsional di berbagai kalangan masyarakat.

Survei ini memiliki Margin of Error sebesar 2,38% dan Confidence Interval sebesar 95%, yang menunjukkan tingkat kepercayaan tinggi terhadap hasil yang diperoleh. Metodologi survei dilakukan secara ketat untuk memastikan akurasi dan representativitas data yang dikumpulkan.

Mukhradis Hadi Kusuma Jaya, CEO ARCHY Research and Strategy menyatakan, survei ini memberikan gambaran yang jelas tentang preferensi pemilih di Kota Makassar menjelang pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota 2024. Dengan responden yang tersebar secara proporsional di seluruh kecamatan, kami yakin data ini mampu merefleksikan aspirasi dan harapan masyarakat secara akurat.

Hasil Survei Popularitas Calon

Hasil survei menunjukkan bahwa H. Munafri Arifuddin, S.H. (politisi Golkar) berada di posisi teratas dengan tingkat popularitas 15,63%. Disusul oleh Rudianto Lallo, Ketua DPRD Kota Makassar (2019–2024) dengan 8,24%, dan Rusdin Abdullah (politisi Nasdem) dengan 5,14%.

Calon-calon lainnya seperti Dr. Syamsu Rizal MI, S.Sos., M.Si. (mantan Wakil Wali Kota Makassar) dan drg. A. Rachmatika Dewi (politisi Nasdem) juga mendapatkan dukungan yang signifikan, masing-masing sebesar 4,28% dan 4,18%.

News Feed