English English Indonesian Indonesian
oleh

Arus Balik Iduladha Makin Padat Tahun Ini

BONE, FAJAR-Pascalibur Lebaran, arus balik di Pelabuhan Bajoe mengalami lonjakan, Selasa, 18 Juni. Kondisi ini diperkirakan akan terus meningkat dalam dua hari ke depan.

GM PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bajoe Mario Sardadi mengungkapkan penumpang pada libur Iduladha kali cukup tinggi, bahkan mengalami lonjakan dari tahun sebelumnya.

Saat ini jumlah penumpang pada puncak arus balik mencapai 152 orang dibanding tahun sebelumnya sebanyak 149 orang. “Jadi ada peningkatan jumlah penumpang untuk tahun ini dibanding tahun sebelumnya di Pelabuhan Bajoe,” terang Mario Sardadi, kemarin.

Untuk bus, tahun ini tercatat 18 unit dibanding tahun lalu 17 unit, sedangkan truk 51 unit dibanding tahun lalu sebanyak 49 unit.

Sedangkan kendaraan roda dua 115 unit dibanding tahun lalu 113 unit, lalu roda empat 110 unit dibanding tahun lalu 106 unit. Penumpang musim libur kali ini didominasi anak sekolah. Alasannya, libur cenderung lebih pendek dibanding tahun sebelumnya.

Sementara untuk mengantisipasi lonjakan pada periode arus balik ini, pihaknya kembali menyiapkan sembilan unit kapal yang juga disiapkan pada periode mudik lalu. “Untuk antisipasi lonjakan itu kita siapkan sembilan unit lagi,” jelasnya.

Untuk trip, tetap sama. Trip pertama pukul 10.00 Wita, trip kedua pukul 13.00 Wita, dan trip ketiga pukul 16.00 Wita.

Sementara itu, untuk mengantisipasi lonjakan arus balik, kepala Dinas Perhubungan Bone, Andi Muh Ikbal mengaku tak mengerahkan petugas seintens pasa periode arus balik Idulfitri. Alasannya, jumlah pemudik pada periode Iduladha cenderung lebih kecil.

News Feed