English English Indonesian Indonesian
oleh

Dapur Arafah Pakai Kayu Bakar, Siapkan 3.000 Porsi Per Hari

FAJAR, ARAFAH-Asap dapur Arafah setiap maktab sejak dini hari, Jumat kemarin sudah mengepul. Setiap maktab ditempatkan satu dapur yang akan menyiapkan 3000 porsi makanan per hari makanan.
Selain makanan, dapur ini juga menyiapkan air panas bagi jemaah yang hendak minum kopi atau teh. Teko besar berisi air panas disiapkan di depan tenda maktab.

Uniknya, semua dapur menggunakan kayu bakar. Alasannya penggunaan kayu bakar lebih aman. Jika pakai gas berisiko meledak karena suhu panas di Arafah yang bisa mencapai 50 derajat celcius..
Menurut Nuralim, staf katering. Di seragam bajunya terulis Rakeen.

Dia jelaskan bahwa dapur yang dipegangnya akan menproduksi 3000 porsi per hari. Terbagi atas makan pagi, siang dan malam. Menunya ada nasi, dan lauk sayur, ayam atau daging. Makan pagi sudah harus selesai packing Pukul 03.00 WAS dinihari. Konsumsi makan siang selesai packing pada Pukul 09.00 WAS dan makan malam siap antar Pukul 17.00 WAS.

Selama Arafah, jemaah akan mendapatkan jatah makan tiga kali sehari. Juga disiapkan snack berupa biskuit. Untuk kebutugan wukuf, pemerintah Indonesia menyiapkan 1.169 tenda untuk 213.275 jemaah haji Indonesia. Wukuf akan dilaksanakan pada 9 Zulhijjah 1445 Hijriah atau bertepatan dengan hari Sabtu, 15 Juni 2024.

Menueur Abdul Dhiya’ur Rahman, Sekretaris Satuan Tugas (Satgas) Arafaj, setiap maktab memiliki ukuran yang bervariasi. Dini hari kemarin dia melakukan pengecekan di maktab. Ada tenda berkapasitas 100 sampai dengan 300 jemaah.

Dari hasil pengecekan, fasilitas maktab sudah berfungsi dengan baik. “Listrik dan AC menyala dengan baik, air juga tersedia,” tandasnya.

Hingga dini hari ini pengecekan baru dilakukan pada fasilitas utama. Pada pagi hari sebelum jemaah datang akan kembali dilakukan pengecekan terhadap kelengkapan lainnya. Tenda jemaah dilengkapi alas tidur yang empuk lengkap dengan bantal.

Tenda-tenda tersebut akan digunakan jemaah haji reguler. Jemaah tidak resmi meski adalah warga negara Indonesia dilarang menempati. Petugas maktab akan dengan dengan tegas melarang mereka masuk. (er)

News Feed