English English Indonesian Indonesian
oleh

Jemaah Haji Tazkiyah Tour Mulai Prosesi Tarwiyah di Mina, Bakal Menuju Arafah

FAJAR, MINA – Proses inti ibadah haji tahun dimulai. Jemaah haji khusus Tazkiyah Tour yang berjumlah 208 orang pun sudah tiba di Mina, Jumat menjelang siang waktu Saudi, 14 Juni 2024.

Jemaah Tazkiyah Tour menempati tenda yang cukup besar dan full pendingin ruangan. Sekitaran tenda juga begitu nyaman, ada pepohonan, dan pelatarannya ditutupi karpet hijau.

Jemaah langsung menikmati makanan begitu tiba di tenda. Irianto, salah seorang jemaah menuturkan bahwa makanan, minuman, hingga buah-buahan begitu melimpah. Begitu yang di meja habis, langsung diisi lagi dari dapur.

“Suasananya juga sangat nyaman,” ujarnya.

Para jemaah memang diharapkan merasakan kenyamanan dan tak kalah pentingnya; ketenangan. Sebab, puncak dari segala ritual perjalanan mereka akan segera dilakukan. Wukuf di Padang Arafah tinggal menghitung jam.

Pada hari yang bertepatan 8 Zulhijah ini, jemaah akan melakukan serangkaian ibadah Tarwiyah, mulai dari salat berkemah, tadarus Alquran, berzikir, hingga berdoa untuk mengisi prosesi mabit atau bermalam di Mina.

Mina terletak di antara Makkah dan Muzdalifah. Berjarak kira-kira 7 kilometer di timur laut Masjidilharam. Terletak di dalam batas-batas Haram, Mina merupakan sebuah lembah yang dikelilingi pegunungan di bagian utara dan selatannya. Lembah ini hanya dihuni selama musim haji. Lembah ini berbatasan dengan Jamrat Al-Aqaba di sisi Makkah dan Wadi Muhasser di sisi Muzdalifah.

Besok, Sabtu, 15 Juni 2024, jemaah akan bertolak ke Arafah untuk melaksanakan wukuf sebagai inti dari ibadah haji. Dikutip dari Saudi Gazzette, sebanyak 1,5 juta jemaah dari seluruh dunia akan berkumpul bersama di Arafah. Duduk dan melakukan perenungan di tanggal 9 Zulhijah, sebagai puncak dari perjalanan spiritual yang mereka lakukan tahun ini. (*)

News Feed