English English Indonesian Indonesian
oleh

Sebelum Masuk Makkah, Polisi Arab Sempat Periksa Ashabul Kahfi – Arteri Dahlan

FAJAR , MAKKAH-Ketua Komisi VIII DPR RI, Ashabul Kahfi dan anggota DPR RI Arteri Dahlan diperiksa polisi Arab Saudi saat hendak memasuki Kota Makkah.

Mereka diperiksa selama sepuluh menit.
Cerita itu dibagikan Arteri saat rapat antara tim pengawas (Timwas) Haji DPR RI dan Kemenag RI di Kawasan Jarwal, Makkah, Rabu, 12 Juni 2024. Menurut Arteri, dia bersama Ashabul Kahfi dimasukkan dalam ruangan. Kurang lebih 10 menit.

”Setelah dilakukan proses komunikasi dan koordinasi, akhirnya dibebaskan,” cerita Arteria dalam forum tersebut.

Karena itu, kata Arteria, aturan yang ketat yang dirasakan tersebut semoga bisa menjadi pelajaran bersama bagi seluruh warga bangsa. ”Pemerintah Arab Saudi saat ini sedang menerapkan aturan secara lebih ketat. Terutama terkait penggunaan visa haji. Ini harus benar-benar dipatuhi,” katanya.

Pada penyelenggaraan haji tahun ini, pemerintah Arab Saudi memang menerapkan aturan ketat terhadap siapapun yang hendak masuk Makkah. Hanya yang mengantongi visa resmi yang boleh masuk dan berhaji. 

Aturan ini diberlakukan terhadap warga asing dari semua negara. Bahkan, dari Indonesia, puluhan WNI sudah dipulangkan pemerintah Arab gara-gara tidak mengantongi visa haji resmi.

Bahkan infonya, sejumlah WNI masih ada yang tertahan di Jeddah karena belum mengantongi visa haji dan tasreh masuk Arafah, Muzalifah dan Mina (Armuzna). (er)

News Feed