English English Indonesian Indonesian
oleh

WR IV Unibos Bahas Mitigasi Bencana pada Kuliah Umum di Dili

DILI, FAJAR — Dr. Ir. Agus Salim, M.Si. selaku Wakil Rektor IV Universitas Bosowa (Unibos) bawakan materi dalam agenda Seminar Internasional yang diselenggarakan oleh Dili Institute of Technology dalam rangkaian kegiatan International Education Expo 2024 yang berlangsung di Dili, Timor Leste, Sabtu (8/6/2024).

Adapun dalam kuliah umum ini, Dr. Ir. Agus Salim, M.Si. membawakan materi dengan topik “Mitigasi Bencana Dalam Perspektif Penataan Ruang” yang diikuti oleh mahasiswa sebagai peserta kuliah umum.

Dalam wawancara bersama Dr. Ir. Agus Salim, M.Si. beliau menjelaskan tujuan dipilihnya topik ini sebagai materi yang akan dibawakan dalam kuliah umum.

“Materi mitigasi bencana dalam perspektif penataan ruang ini dibawakan berdasarkan hasil analisis di Kota Dili yang menunjukkan bahwa Kota Dili masih terhitung sebagai kota yang rawan bencana. Sehingga kami harap dengan dibawakannya materi ini bisa berkontribusi dalam menambah ilmu dan pengetahuan peserta terkait mitigasi bencana,” jelasnya.

Selanjutnya, dalam materi yang disampaikan, ia juga mengungkapkan pentingnya mitigasi dalam perencanaan wilayah dan kota.

“Memahami terkait mitigasi dalam perencaan wilayah dan kota perlu untuk dilakukan sebab dengan perencanaan wilayah dan kota maka terbuka kesempatan untuk menciptakan dan menjaga peradaban manusia yang dapat hidup berdampingan dan bersahabat dengan alam,” ungkapnya.

Terakhir, ia menyimpulkan materi dengan menekankan kembali aspek-aspek yang perlu diperhatikan oleh pemerintah dalam perencanaan wilayah dan kota.

News Feed