English English Indonesian Indonesian
oleh

Koper Bagasi Jemaah Haji Maksimal 32 Kg, Dilarang Masukkan Air Zamzam

FAJAR, MAKKAH—Seluruh koper bagasi jemaah haji Indonesi akan ditimbang jelang kepulangan ke Tanah Air. Beratnya maksimal 32 kg dan jemaah dilarang memasukkan zamzam.

Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi sudah merilis jadwal penimbangan koper bagasi jemaah haji Indonesia. Ada tujuh kelompok terbang (kloter) yang proses penimbangan koper bagasinya sebelum puncak haji.

Fase pemulangan jemaah haji Indonesia gelombang pertama akan berlangsung mulai 22 Juni – 3 Juli 2024.

“Ada tujuh kloter yang akan pulang pada 22 Juni 2024. Penimbangan bagasi akan dilakukan sebelum puncak haji, tepatnya 13 Juni 2024,” jelas Kasubdit Layanan Kedatangan dan Kepulangan Jemaah, Noer Aliya Fitra, di Makkah dikutip dari situs Kemenag, Minggu (9/6/2024).

Tujuh kelompok terbang yang akan dilakukan penimbangan koper bagasi lebih awal adalah kloter 1 – 5 Embarkasi Solo (SOC 01 – 05), kloter 1 Embarkasi Banjarmasin (BDJ-01), dan kloter 1 Embarkasi Makassar (UPG-01).

“Penimbangan dilakukan di lobby hotel. Koper bagasi berat maksimal 32 kg. Ingat, jemaah dilarang memasukkan zamzam ke dalam koper,” tegas pria yang juga akrab disapa Nafit ini.

Selanjutnya, proses penimbangan koper bagasi berikutnya akan mulai dilakukan setelah puncak haji. Koper bagasi jemaah akan ditimbang dua hari sebelum jadwal keberangkatan dari hotel ke Bandara.

“Setelah puncak haji, penimbangan barang bagasi jemaah dilakukan H-2 sebelum keberangkatan dari Makkah ke bandara. Proses keberangkatan dari hotel di Makkah ke Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah akan dilakukan delapan jam sebelum jadwal take off pesawat,” sebut Nafit.

News Feed