English English Indonesian Indonesian
oleh

Rektor UT Resmikan Dua Sentra Layanan Baru di Sulsel, Targetkan 1 Juta Mahasiswa di 2025

FAJAR, MAKASSAR- Rektor Universitas Terbuka (UT) Profesional Ojat Darojat M.Bus., Ph.D. dalam kunjungan kerjanya ke Sulawesi Selatan (Sulsel) pada 17-19 Mei 2024 meresmikan dua Kantor Sentra Layanan UT (Salut) baru, yakni Salut Toraja dan Salut Butta Toa Bantaeng.

Salut ini diharapkan menjadi transformasi dari Kelompok Belajar (Pokjar) UT, menyediakan layanan yang lebih terstruktur dan berkualitas bagi mahasiswa di daerah terpencil. Prof. Ojat menargetkan UT mencapai 1 juta mahasiswa pada tahun 2025 dan melihat Sulsel memiliki potensi besar untuk mencapai 20 ribu mahasiswa.

Meningkatkan Kualitas Layanan dan Akses Pendidikan

Prof. Ojat menjelaskan bahwa Salut bukan hanya tentang meningkatkan jumlah mahasiswa, tetapi juga tentang meningkatkan kualitas pelayanan dan akses pendidikan bagi masyarakat di daerah terpencil. Dengan Salut, mahasiswa yang tidak memiliki laptop atau perangkat lain yang terhubung dengan internet dapat memanfaatkan fasilitas internet di Salut untuk menyelesaikan tugas mereka.

“Jika tersedia fasilitas yang bagus maka mahasiswa jarak jauh di daerah akan tumbuh menjadi mahasiswa tangguh,” ujar Prof. Ojat.

Solusi untuk Daerah Terpencil

Bagi daerah-daerah terpencil yang sulit akses internet, Prof. Ojat menyarankan untuk mencari pengurus Pokjarnya dan bekerjasama dengan pihak ketiga, termasuk sekolah-sekolah, untuk menyediakan perangkat komputer.

“Di Indonesia setiap Kabupaten dan Kota memiliki layanan internet yang semakin bagus. Sehingga memungkinkan bagi pengurus Pokjar tertentu mereka bisa melakukan kerjasama dengan pihak ketiga termasuk di sekolah-sekolah, jika mereka belum punya biaya untuk menyediakan perangkat komputer,” jelas Prof. Ojat.

News Feed