English English Indonesian Indonesian
oleh

Mantan Wakil Kepala Mossad: Israel Kalah dalam Perang Gaza

FAJAR, TEL AVIV—Anggota Knesset Israel dan mantan wakil kepala Mossad Ram Ben-Barak mengatakan bahwa perang yang sedang berlangsung di Gaza adalah perang sia-sia.

Ia juga menegaskan bahwa Israel berada di pihak yang kalah dan menghadapi keruntuhan ekonomi.

“Perang ini tidak memiliki tujuan yang jelas, dan jelas bahwa kita benar-benar kalah,” kata Ben-Barak kepada radio publik Israel dikutip dari Anadolu Agency.

Ram Ben-Barak menyebut mereka saat ini sudah kehilangan terlalu banyak tentara. “Kami terpaksa terlibat dalam pertempuran di wilayah yang sama dan akhirnya kehilangan lebih banyak tentara,” katanya.

Respons dunia internasional terhadap perang ini juga menjadi sorotannya. “Kami juga menghadapi kemunduran di kancah internasional, dengan hubungan kami dengan Amerika Serikat yang memburuk secara signifikan, dan perekonomian Israel yang menurun,” jelasnya.

Kepada pihak-pihak yang menganggap Israel berhasil dalam perang di Gaza, Ram Ben-Barak menantangnya. “Tunjukkan pada saya satu hal yang telah berhasil kami lakukan,” tegasnya.

Setiap hari, kelompok perlawana di Palestina melaporkan pembunuhan dan cederanya tentara Israel serta penghancuran kendaraan militer dan sering kali membagikan klip video yang mendokumentasikan operasi mereka.

Secara lokal, pihak berwenang Israel menghadapi tuduhan menyembunyikan jumlah korban dan cedera yang lebih besar di kalangan tentara.

Brigade Al-Qassam, sayap militer gerakan Hamas, mengatakan pada hari Sabtu bahwa mereka membunuh 15 tentara Israel di timur kota Rafah di Jalur Gaza selatan.

News Feed